Sedikit Pengetahuan Saya Tentang Iblis

Baiklah kita mulai dengan pengetahuan tentang Iblis.
Dalam injil dan kitab suci lainnya mungkin sudah banyak di bahas tentang Iblis dan berbagai macam sifat dan apa yang dia perbuat, namun saya masih tertarik untuk membahas tentang Iblis ini karena bagi saya dia dan seluruh balatentaranya yang membuat manusia tersesat dan membuat kerusakan di muka bumi, ya sumber masalah yang sebenarnya di muka bumi ini adalah Manusia dengan sifat Iblisnya.
Iblis adalah makhluk spiritual sejati, bagi saya bukanlah mitos dan imajinasi saya. seperti halnya Roh Kudus, Roh Iblis itu ada namun kedua roh tersebut sangat berbeda dan saling berlawanan. menurut cerita dalam alkitab Iblis Diciptakan oleh Tuhan sebagai malaikat, namun dia memberontak dan berani melawan Tuhan sehingga Tuhan membuangnya dari surga, dan dalam kepergiannya Iblis membawa banyak malaikat lain bersamanya untuk memberontak kepada Tuhan.
Alkitab memberikan peringatan berulang untuk secara aktif melawan godaannya untuk menyesatkan pikiran kita. 1 Petrus 5: 8-9 mengatakan, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. ”
Namun tidak seperti Tuhan Iblis tidak ada di mana-mana; yaitu, tidak seperti Tuhan dia tidak bisa berada di manapun sekaligus. Ia juga tidak mahatahu atau mahakuasa. Meskipun ia memiliki kekuatan nyata, ia adalah makhluk yang terbatas seperti malaikat.
Bersama dengan Setan, ada banyak setan dan malaikat yang jatuh yang membentuk kerajaan kegelapan dan mengusai sebagian kehidupan manusia.
Mengacu pada Setan, Yesus berkata bahwa “Pencuri itu tidak datang kecuali mencuri, membunuh, dan menghancurkan” (Yohanes 10:10). Satu-satunya alasan iblis akan datang kepadamu adalah untuk membawa kerusakan dan kehancuran dalam kehidupanmu. Dia adalah makhluk yang benar-benar jahat, tanpa harapan penebusan atau belas kasihan.
Mari kita lihat lima karakteristiknya dan ingat-ingatlah untuk selalu mengusir segala pikiran dan perbuatan yang termasuk dalam karateristik Iblis ini supaya kehidupanmu tidak berada dalam kegelapan dan penderitaan.
1. Iblis adalah Penipu.
Jika motivasi utama Setan adalah kehancuran, metode utamanya adalah penipuan. Meskipun ia datang untuk menghancurkan, ia tampak sebagai malaikat terang (lihat 2 Korintus 11:14). Dia telah menipu manusia sejak Taman Eden, ketika dia meyakinkan Adam dan Hawa untuk makan dari pohon yang salah.
Yesus mengatakan ini tentang iblis: “Setiap kali dia berbicara dusta, dia berbicara dari karaternya sendiri, karena dia adalah pembohong dan bapa segala dusta” (Yohanes 8:44 NASB). Adalah sifat alamiahnya untuk berbohong, tetapi kebohongannya sering membawa munculnya kebenaran; mereka dikemas sedemikian rupa sehingga banyak orang mempercayai mereka.
catatan: Hati-hati saat ini banyak sekali Iblis dalam rupa pemuka agama mereka memberitakan kebohongan yang dikemas seakan akan itu kebenaran dan hasilnya adalah kesesatan yang diyakini benar oleh umatnya oleh sebab itu saudara ingatlah selalu ayat berikut ini 1 Tesalonika 5 : 21 – 22″Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.”
2. Iblis adalah Pencoba.
Salah satu nama yang diberikan kepada iblis dalam Alkitab adalah “si penggoda” (lihat Matius 4: 3 dan 1 Tesalonika 3: 5). Setan bekerja bersama dengan sistem dunia dan sifat manusia yang berdosa untuk secara konstan membawa pencobaan ke dalam kehidupan orang-orang. Dia ingin membawa orang-orang memberontak melawan Tuhan dan bersepakat dengan dirinya sendiri. Bahkan Yesus dicobai oleh iblis. Tepat sebelum Dia memulai pelayanan umum-Nya, iblis ada di sana untuk membawa berbagai godaan di hadapan-Nya.
Godaan tidak dapat dihindari di dunia ini jadi jangan lengah ketika itu terjadi. Seperti Yesus, kita harus siap melawan godaan dengan Firman Tuhan.
3. Iblis adalah Pencuri
Dalam Yohanes 10:10, Yesus menyebut iblis sebagai “pencuri.” Setan suka mencuri dari orang-orang hal-hal yang Tuhan telah peruntukkan bagi mereka. Dia mencuri sukacita, harapan, hidup, cinta, kesehatan, dan takdir.
Ia merampok gereja dari warisannya dan membuat orang tidak bisa masuk ke dalam janji-janji Allah. Banyak orang percaya tidak berjalan di dalam berkat-berkat Allah, tanpa menyadari bahwa pencuri telah merampok mereka.
4. Iblis adalah Pembunuh.
Yesus juga menyebut iblis sebagai seorang pembunuh, mengatakan dalam Yohanes 8:44 bahwa “dia adalah seorang pembunuh sejak awal.” Ada sifat yang merusak, kebencian, dan pembunuhan tentang iblis. Dia senang dengan kematian. Apakah itu melalui pembunuhan, bunuh diri, overdosis obat, aborsi, penyakit, atau sebaliknya, Setan adalah perusak segala jenis kehidupan.
Dia tentu saja berusaha membunuh orang, tetapi juga keluarga, gereja, mimpi, dan daftar bisa terus berjalan.
catatan: Sekarang ini banyak sekali kita lihat di dalam dunia nyata tentang umat manusia yang menganut ideologi pembunuhan (membunuh atas nama mengabdi agama dan Tuhan), coba kita tengok saudara-saudara kita di timur tengah mereka sedang tertimpa buah – buah dari ajaran Iblis yang cinta akan kerusakan dan kematian, sebagian dari mereka menganggap diri mereka berbakti kepada Allah dengan cara menghangcurkan atau membunuh sesama manusia namun ingatlah saudaraku mereka hanya melakukan perbuatan – perbuatan buah dari roh Iblis dan sangat disayangkan buah – buah perbuatan mereka adalah penderitaan yang sangat besar bagi sebuah bangsa.
5. Setan adalah seorang Penyimpang
Iblis bukan pencipta; alih-alih dia mengambil apa yang Tuhan ciptakan dan menyimpangkannya. Contoh utama dari hal ini adalah seksualitas. Tuhan menciptakan seks untuk dinikmati oleh suami dan istri dalam konteks perjanjian pernikahan. Setan telah mengambil karunia Allah ini dan menyelewengkannya melalui pergaulan bebas, perzinahan, homoseksualitas, pornografi, dan distorsi lainnya.
Contoh lain dari distorsi setan adalah pemalsuannya atas kekuatan Allah. Anda dapat yakin bahwa Setan memiliki tiruan untuk setiap karunia Roh Kudus yang asli. Misalnya, palsu karunia nubuat adalah ramalan gaib; paranormal, peramal peramal nasib, dan nabi palsu beroperasi dalam roh iblis yang meniru karunia nubuat yang sesungguhnya.
Meskipun ini bukan daftar yang lengkap, ini memberi Anda gambaran tentang karakteristik utama musuh kita. Sekarang, ikuti nasihat Yakobus: “Bertahanlah kepada Iblis dan ia akan lari darimu” (Yakobus 4: 7).
Demikian saudaraku tulisan yang singkat tentang Iblis yang dapat saya bagikan semoga hal – hal ini dapat saudara pelajari lebih dalam lagi dalam kitab suci supaya diri kita semakin menjauhi sifat – sifat iblis dan bisa semakin menjadi berkat suka cita bagi sesama.

Comments

Popular posts from this blog

I am a Christian

What's the point of life ? --- Apa gunanya hidup ?